Senin, 30 September 2013

PELATIHAN JURNALISTIK DI KAMPUS ISLAM DIAN DIDAKTIKA

Diawali  niat dari Tim Penelitian dan Pengembangan Yayasan Dian Didaktika untuk meluncurkan DD News online, maka diadakanlah  Pelatihan Jurnalistik di Kampus Islam Dian Didaktika. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 September 2013.
Pelatihan dengan narasumber  Mung Pujanarko,s.Sos,M.Ikom yang merupakan Praktisi, Dosen Jurnalistik Universitas Jayabaya,  Universitas Bung Karno dan Universitas Juanda Bogor tersebut bertajuk ” Dasar Jurnalistik, Jurnalisme Online dan Teknik Reportase “Quick News”. Dalam pelatihan tersebut  dikupas bagaimana para guru yang nantinya akan menjadi contributor dalam DD News Online akan membuat berita dengan tehnik Quick News, yakni teknik yang lebih maju dalam membuat berita. Dalam berita atau quick news ditulis berdasarkan teori piramida terbalik, yakni fakta yang paling penting diletakkan dalam lead atau intro. Piramida terbalik diperlukan,  agar khalayak yang biasanya sibuk tetap bisa mengetahui peristiwa penting terjadi dengan gerak baca yang relative cepat. Prinsip 5 W + 1 H digunakan sebagai konsep dasar jurnalistik.

Pelatihan berlangsung sangat menarik ketika beberapa guru diminta untuk menulis berita dengan teknik Quick News, yakni awalnya mereka diminta membuat topic berita dengan prinsip 5 W + 1 H sesuai dengan topic berita yang mereka pilih. Kemudian dengan batas waktu yang ditentukan yakni 10 menit, para guru tersebut diminta menulis topic berita yang telah mereka pilih. Kebanyakan para guru berhasil membuat berita lebih dari 150 kata, semoga hal ini menjadi langkah awal yang baik untuk rencana peluncuran DD News Online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar